POSTA
Membangun Sales Utopia ala Coway

Membangun Sales Utopia ala Coway

Customer Relationship

Perusahaan asal Korea yang terkenal dengan produk kesehatan rumah seperti air purifier & water purifier ini membangun sistem penjualan yang sangat rapi, terstruktur, dan berorientasi pada hubungan jangka panjang terhadap segmen pelanggan yang di milikinya, mereka berfokus pada membangun hubungan yang erat. Dibangun dari bawah: HealthPlanner. Seseorang yang paling dekat bersinggungan dengan pelanggan, dan bahkan memiliki peranan sangat krusial karena membangun image, identitas Coway serta pengalaman saat berinteraksi menggunakan produk Coway, produk Utama mereka yaitu "Pemurni Air" & "Pemurni Udara". HealthPlanner adalah seseorang yang menjadi "Sahabat Sehat" kamu, kita dan mereka yang memang membutuhkan produk Coway, mengedukasi betapa butuh sebenarnya kita dengan pemurni air ini, karena selain hemat, pemurni air dan udara penting untuk kesehatan. HealthPlanner ini memberikan pengalaman terhadap pelanggan yaitu bahwasanya mereka tetap "merasa ditemani" bahkan setelah barang sudah di beli, tidak ditinggal begitu saja. Coway memiliki layanan GRATIS setiap 2 bulan, akan ada yang datang ke lokasi pelanggan untuk merawat dan pembersihan produk Coway, dan penggantian filter gratis 4 atau 6 bulan sekali. Penjualan terjadi secara natural karena pelanggan percaya dan puas dengan layanan yang terus berlanjut.

Training untuk setiap HealthPlanner (Sahabat Sehatmu)

Coway sangat serius membangun hubungan dengan pelanggannya, setiap HealthPlanner dalam 1 Minggu sekali wajib mengikuti webinar maupun workshop secara online maupun offline untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ketika ngobrol dan berinteraksi dengan pelanggan, dan bahkan pada tanggal 12 September 2025, William Wiguna selaku SM Coway Indonesia, sesuai dengan keputusan manajemen Coway Indonesia menetapkan incentive trip ke Korea Selatan bagi HealthPlanner yang masuk kriteria pada periode bulan September - November 2025 ini.

William berharap dengan adanya program incentive trip gratis ke Korea Selatan ini akan menambah semangat & pelecut kontribusi terbaiknya dari setiap HealthPlanner, hal yang sama juga di ungkapkan oleh Vida HealthPlanner Manager area Jakarta, dia memberikan informasi sangat jelas bagaimana mekanisme untuk mendapatkan program incentive trip ke Korea ini kepada setiap HealthPlanner bimbingannya.

Vida mengatakan, dirinya telah mencoba meminta agar setiap HealthPlanner perlu lebih semangat lagi dan memiliki fikiran yang jernih dan positif agar ketika berkomunikasi dengan calon pelanggan mereka dapat optimal dan benar-benar menjadi mediasi manfaat untuk pelanggan tersebut, karena secara jujur seperti yang diungkapkan Carlo, suami ibu Vida, produk Coway ini bisa di bilang lebih hemat dan efesien karena tidak memerlukan space untuk galon di rumah dan juga tidak perlu mengangkat-angkat galon lagi karena alat Pemurni air dari Coway bisa langsung di rasakan di detik pertama pemasangan Coway Pemurni air ini di rumah

Model Penjualan berbasis Langganan/Subscription (Namun, pelanggan tetap berhak memiliki Alat Pemurnin Air & Udara)

Tidak kalah pentingnya strategi yang dilakukan Coway adalah pelanggan bayar bulanan, alih-alih membayar alat seharga sekitar Rp18-20jutaan, Coway memberikan alternatif yaitu pelanggan dapat mencicilnya hingga maksimal 7 tahun, ini merupakan bagian keringanan apabila terdapat pelanggan yang mungkin masih perlu mengalokasikan dana bulanannya ke alokasi budget yang lain. Dan ditambah lagi, cara pembayarannya dapat dilakukan melalui Kartu Kredit (penulis merekomendasikan untuk menggunakan Hasanah Card dari Bank BSI) dan juga pembayaran dapat dilakukan melalui Auto Debit Bank yang tersedia (Untuk saat ini auto debit bisa dilakukan dengan Bank BCA, Mandiri, BRI, & BNI)

Aliran revenue dan arus kas dapat stabil dan berulang, dan bahkan dapat diselipkan upselling lagi karena HealthPlanner tetap berkomunikasi dengan pelanggan di detik pertama mereka bertemu hinggal cicilan selesai.

Kultur & Budaya Komunitas

Banyak HealthPlanner berkembang karena merasa “punya rumah” dalam komunitas, mereka tidak hanya menjadi mesin uang saja, namun kebaikan Coway untuk komunitas cukup memayungi dengan baik dengan berlakunya komisi serta insentif-insentif yang menurut HealthPlanner sepadan dengan effort serta usaha mereka. Setiap Health Planner bukan hanya pekerja, tapi juga Brand Ambassador yang bangga dengan misi "Sahabat Sehatmu & kita" untuk warga Indonesia tercinta kita ini.

Sebut saja Andi yang kami temui di Lt.8 Tower A, South Quarter - Cilandak, Jakarta Selatan Indonesia, dia mengatakan bahwasanya kami datang dan demo langsung ke rumah pelanggan, dan bahkan di Mall Margo City Depok kami membuat Event & Boot yang menampilkan produk Pemurni Air & Udara meskipun airnya belum dapat dirasakan secara langsung oleh pengunjung yang lalulalang disana karena mekanisme pemasangan air memang memerlukan sambungan pipa air yang belum disediakan dari Pihak MargoCity, paling tidak informasi mengenai alat Pemurni Air & Udara ini sampai ke telinga dan di pahami oleh pengunjung Mall, karena Andi yakin permintaan pasar tidak hanya berasal dari iklan, tapi juga dari kesadaran yang di bangun secara konsisten.

(*Dilaporkan oleh Abdul)